Cara Buat Red Ginger Beer

Membuat Red Ginger Beer
( Solusi Mencari Nafkah >_< )

Kalau membaca judulnya, kayaknya sensasional ya. Red Ginger Beer kalau diterjemahkan menjadi Bir Jahe Merah. Jahe Merah dicampur Bir kali. He he he bukan itu maksudnya membuat Jahe Merah yang kalo diminum timbul rasa kemrenyes kayak digigit semut. Itu lho kayak kalau minum koka-kola, sprite dll. Bir itu hanya pemanis saja atau peng-keren saja.

Regen.io - Lending and Betting Platform. ICO from Dec 4 - Dec 23, 2017

Cara membuatnya'pun mudah, setiap orang pasti bisa asal mau. Mari kita belajar membuat Jahe Karbonat dengan bahan-bahan alami. Jahe Merahnya ya rimpang Jahe Merah. Bisa beli di pasar. Mau beli Jahe Merah segar boleh, pakai Jahe Merah serbuk ya gak apa-apa. Kayaknya Jahe Merah serbuk harganya lebih mahal tapi praktis. Di Bandung bisa dibeli di Pasar Baru. Mau nitip boleh juga. Info harga nanti ya…...


Karbonat bisa dibikin dengan memproses gula dengan ragi, menjadi alcohol dan CO2. CO2 inilah yang jika diperam dalam wadah akan menghasil rasa kemrenyes. Proses pembuatan minuman ini menghasilkan alcohol, sehingga kita harus mengkontrol kadar alkoholnya maksimum 1%, supaya dalam kriteria HALAL. Meskipun informasi dari teman yang pernah menekuni proses fermentasi ini, ternyata kadar alcohol sampai dengan 5% tidak berpengaruh pada kesehatan. Dalam hal ini KESEHATAN kan tidak sama dengan KEHALALAN. Sehingga komposisi gula dan air harus diperhitungkan.


Bahan-bahannya adalah: Jahe Merah, Gula, Jeruk Lemon/Nipis, Air, Ragi.


Saya percaya bahan-bahan ini sebagian besar ada di rumah. Paling yang harus dibeli adalah Jahe Merah, jeruk nipis/lemon dan ragi. Ragi bisa menggunakan ragi tape atau ragi roti. Bisa pakai Fermipan atau SAF. Komposisinya sama. Kayaknya beda pabrik. Jangan-jangan pabriknya sama tapi beda merek saja.


Sebelum membuat Jahe Merah karbonat maka persiapkan alat-nya. Alat dapur seperti biasa, tidak ada yang aneh kok. Paling kalau ada toples beling 3 liter. Saya dulu beli bekas wadah manisan semacam plum, wadahnya toples (di Bandung dikenal dengan keler, bukan teler ya…..), kalau gak ada ya pake botol plastic saja, langsung.


Toples beling ini befungsi sebagai fermentator awal saja, lalu diteruskan ke botol plastik. Botol plastic dipilih supaya kita bisa memonitor tekanan gas dalam botol. Kalau pakai botol kaca, kan kita gak bisa mendeteksi apakah gasnya sudah maksimal atau belul dalam botol tersebut.


Bahan-Bahan :

Resep yang biasa saya gunakan dengan ukuran 1 resep untuk 3 liter minuman bahannya sebagai berikut :


- Jahe Merah 125 gram
- Gula Putih 230 gram
- Air 3 liter
- Jeruk Lemon 1 buah
- Ragi Roti ¼ sdt

Cara membuatnya :


1. Jahe Merah dicuci dulu, dikupas atau langsung diparut atau kalau males ya dipotong tipis-tipis, kalau masih males juga dkeprek aja. Itu lho Jahe Merahnya dipotong agak besar-besar, ambil palu lalu digebukin sampai penyet.

2. Potong jeruk lemon/Nipis dan peras airnya dengan pemeras jeruk. Kalau gak punya ya pakai tangan saja, sambil melatih kekuatan otot tangan kita. Efek samping membuat Jahe Merah karbonat adalah tangan menjadi kuat.

3. Masukkan Jahe Merah parut/irisan tipis/keprekan, gula dan air jeruk ke dalam toples /keler 3 liter.

4. Air yang 3 liter panaskan sampai mendidih. Pakai kompor aja ya. Kalu pake kompor gas hati-hati njeblug ya. Jangan pakai lilin, korek api atau rokok untuk memanaskan air. 3 hari baru mendidih.

5. Kalau airnya sudah mendidih, masukkan kedalam toples berisi ramuan tersebut. Supaya toplesnya tahan panas maka sebelumnya masukkan pisau atau sendok panjang dari stainless steel, supaya panasnya diserap oleh logam ini, sehingga toples/keler kacanya tidak pecah.

6. Aduk sampai merata, dinginkan, sampai suam-suam kuku. Suhunya paling tidak sama atau sedikit di atas suhu badan kita. Lalu tambahkan ragi roti. Tutup toples/keler tersebut dan biarkan pada suhu ruangan semalam atau 24 jam.

7. Kemudian pindahkan ke botol plastic, dengan menyaring supaya hanya air larutan Jahe Merah saja yang masuk ke botol, Jahe Merah parut/tipis/keprekan disaring. Tutup rapat-rapat botol plastic tersebut.

8. Simpan botol berisi larutan Jahe Merah yang telah disaring pada suhu ruang dan monitor sampai tekanan dalam botol tersebut maksimum. Biasanya butuh waktu minimal 12 jam untuk membuat botol-botol tersebut menggembung dan keras sekali.

9. Kalau sudah keras sekali masukkan ke dalam kulkas, selama 24 jam baru diminum. Hati-hati saat membuka pertama kali, biasanya busanya banyak sekali dan bisa berserakan di dalam ruangan. Ngotorin ruangan.

Wuuuuuaaaaah rasanya mak nyus. Minum dingin-dingin. Sensasional lho.

Alternatif lain kalau di rumah gak punya toples/keler 3 liter, maka sebaiknya Jahe Merah parut/potongan tipis/keprekan dan gula dipanaskan bersama air, didihkan dan biarkan 5-10 menit mendidih. Lalu dinginkan, tambahkan air jeruk lemon/nipis dan ragi, baru dimasukkan ke dalam botol plastic. Biasanya butuh waktu minimum 24 jam untuk membuat botol menggembung keras, dan siap dimasukkan ke dalam kulkas, untuk diminum di hari berikutnya.






No comments:

Post a Comment